<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d14610711\x26blogName\x3d.::+DANKOS+::.\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://menyehnyeh.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://menyehnyeh.blogspot.com/\x26vt\x3d7906361710283673239', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

.:: DANKOS ::.

Tuesday, April 03, 2007

Service Yahoo Messanger Tandingan

Lambat .... ini adalah penyebab muncul nya ide penghematan bandwidth yg digunakan oleh messenger Yahoo!. Idenya gini, gimana caranya gw pakai yahoo messenger tapi kalau gw kirim message ke id yahoo yg ada di sekitar jaringan lokal gw maka komunikasinya nggak perlu pakai jalur internet, tapi kalau ngirim nya diluar orang jaringan gw maka baru dibutuhkan jalur internet, kasarnya jalur internet dipake kalau perlu aja.

Yang ada di kepala gw saat ini, bikin service yahoo messenger tandingan, dimana dia paham dan dapat melayani melalui protocol yg sama dengan service yahoo messenger beneran. Waktu login server tandingan ini memfoward informasi loginnya ke server yahoo beneran, dan feedback dari server beneran ke server tandingan ini juga diteruskan ke client yg bersangkutan. Pada saat event login tadi ip client tadi di catat oleh server tandingan tadi, tujuannya agar dapat mengetahui mana saja client-client yahoo messenger yg ada di jaringan lokal. Nah server tandingan ini tinggal ngecek deh, apakah id yahoo tujuan dari messege yg datang itu terdapat dalam daftar client-client yg lokal atau tidak, kalau lokal maka messenge tidak diteruskan ke server yahoo tapi langsung ditembak ke client tujuan yg ada dilokal, tapi kalo id yahoo tujuannya tidak ada dalam daftar maka teruskan ke server yahoo. Jika client yahoo messenger lokal ini logout atau disconnect maka status disconnect ini diteruskan ke server yahoo dan daftarnya sebagai client lokal dihapus supaya offline messege masih bisa jalan.

Gambaran sederhananya gini:

client YM ----- server_tandingan ---- server yahoo messenger

Nah, permasalahannya adalah bagaimana kita mengetahui protokol Yahoo messenger tersebut, caranya bisa dengan membuka source code messenger yg open source yg mendukung yahoo messenger seperti Gaim atau sejenisnya. Setelah itu bahasa apa yg akan dipakai untuk mendevelop sistem ini? Pilihannya mungkin C++ atau Java, soalnya yg cukup populer untuk jalan serbagai service itu, kalau pakai C++ lebih kenceng tapi lebih susah, kalau pakai Java lebih lambat tapi lebih mudah dipahami. Hehe .... asumsi pribadi ini bakal menimbulkan banyak konflik bagi para ahli operating system atau para ahli optimasi pemrograman. Tapi apapun itu bahasanya asalkan opensource dan mudah dicerna (dengan desain yg baik, dokumentasi yg cukup, dan kode yg rapi), insya Allah akan lebih mudah dikembangkan bersama-sama.

Gw masih blon nyari apakah udah pernah ada yg bikin project kaya gini, jadi kalo ternyata ide gw ini basi ya ... harap maklum lah ya ...... Okey, feedback dan support nya sangat gw nanti nantikan lho ....

2 Comments:

  • Instant messenger seperti ICQ sudah memiliki perilaku peer-to-peer seperti itu:

    http://computer.howstuffworks.com/instant-messaging2.htm

    Jadi server hanya untuk info presence saja.

    Yang menjadi masalah adalah ketika klien ada di belakang firewall dengan NAT. Klien lain tidak bisa memulai komunikasi dengannya.

    By Blogger Ahmad Ridha, at 5:04 PM  

  • symantec punya program proxy instan messenger, apakah ada opsi itu gak? jadi kalo di lokal network dia direct. atau kita mau bikin :) bikin yuk, modalnya pake yahoolib.

    By Anonymous Anonymous, at 9:34 AM  

Post a Comment

<< Home